Mengenal apa itu CSS


Sebelum kita belajar ada baik nya kita mengenal dan mengerti dulu apa yang akan kita pelajari agar lebih mudah nantinya untuk teman-teman dapat mengerti, dalam kasus ini kita akan mempelajari tentang css, pertanyaan yang paling mendasar adalah apa itu css?.

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet. CSS merupakan salah satu kode pemrograman yang bertujuan untuk menghias dan mengatur gaya tampilan/layout halaman web supaya lebih elegan dan menarik.CSS adalah sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. Awalnya, CSS dikembangkan di SGML pada tahun 1970, dan terus dikembangkan hingga saat ini. CSS telah mendukung banyak bahasa markup seperti HTML, XHTML, XML, SVG (Scalable Vector Graphics) dan Mozilla XUL (XML User Interface Language).

Pada desember 1996, W3C memperkenalkan Level 1 spesifikasi CSS atau juga dikenal CSS1 yang mendukung format, warna font teks, dan lain-lain. Kemudian, Mei 1998, W3C menerbitkan CSS2 yang di dalamnya diatur fungsi peletakan elemen. Dan sekarang, W3C telah memperbaiki dan meningkatkan Kemampuan CSS2 ke CSS3. CSS digunakan oleh web programmer dan juga blogger untuk menentukan warna, tata letak font, dan semua aspek lain dari presentasi dokumen di situs mereka. Saat ini, hampir tidak ada situs web yang dibangun tanpa kode css.

Dalam mempelajari website teman-teman harus tau apa itu css dan bagaimana cara menggunakannya, dengan demikian teman-teman akan sangat mudah nantinya untuk membuat dan merancang website teman-teman.

Yang harus dimengerti dalam belajar CSS

Cascading Style Sheet atau CSS setiap penulisannya terdiri dari Selektor, Properti dan Value,seperti pada HTML, PHP dan bahasa pemrograman lainnya, CSS juga memiliki aturan dalam penulisan nya agar lebih jelas maka teman-temanharus tau dulu apa itu Selektor, Attribut, Value.

Selektor adalah elementatau tag HTML di definisikan atau yang ingin kita ubah baik itu letak, warna, tinggi, besar dan lain sebagainya, properti adalah attribut yang ingin di ubah nilai nya, sedangkan Value adalah Nilai yang akan di berikan kepada attribut, apakah nilai nya itu berupa warna, ukuran, letak, dan lain sebagainya. Agar lebih mudah dipahami mari kita liat contoh CSS berikut ini :

Body {background-color: white;}
‘Body’ adalah Selektor, ‘{ }’ adalah deklarasi, ‘background-color’ adalah Attribut dan ‘white’ adalah nilai. Maksud dari kode diatas adalah mengatur warna latar belakang (background color) dari tag ‘Body’ sebuah halaman web.

Sekian pengenalan kita tentang css, untuk penggunaan CSS selanjutnya akan saya bahas pada tutorial selanjutnya.

No comments:

(c) eLMarco94. Powered by Blogger.