Cara Menggunakan Javascript

cara menggunakan javascript
Setelah sebelumnya teman-teman berkenalan dengan javascript, kali ini Point Website. Akan membahas Cara Menggunakan Javascript, untuk menggunakan javascript sangat mudah. Untuk menggunakan Javascript harus menggunakan <script></script>. Biasa Javascript terletak pada sebelum tag terakhir head, untuk lebih mudah teman-teman untuk memahaminya coba perhatikan code berikut ini.
<html>
<head>
 <title>Point Website</title>
<script type="text/javascript">
    function klik(){
        alert("Hello Saya Javacript");
    }
</script>
</head> 
<body>
    <form>
        <input type="button" name="test" value="Klik Saya" onClick="klik()" />
    </form>
</body>
</html>
Perhatikan code didalam <script>, code javascript tersebut berfungsi dimana saat tombol Klick Saya di tekan maka akan menampilkan Hello Saya Javascript dengan menggunakan fungsi alert.

Javascript ini sangat sering digunakan dalam website, dimana dengan menggunakan javascript akan membuat website lebih interaktif, adapun untuk menggunakan javascript ada dua metode yaitu: Internal dan External.

Cara Menggunakan Javascript Dengan Metode Internal


Cara penggunaan javascript internal sama dengan cara menggunakan CSS internal. Dimana code javascript langsung ditulis dalam file HTML, untuk lebih mudah dipahami, silahkan teman-teman tulis code dibawah ini dan simpan dengan nama file index.html atau dengan nama lain yang teman-teman inginkan.
<html>
<head>
<title>Point Website</title>
<script type="text/javascript"> alert("Javacript dengan metode Internal"); function klik(){ } </script> </head> <body> <input type="button" name="test" value="Klik Saya" onClick="klik()" /> </body>
</html>
Jika sudah silahkan teman-teman jalankan file tersebut pada web browser dan coba klik tombol Klik Saya maka akan menampilkan Javascript dengan metode Internal.  Namun untuk beberapa kasus cara ini tidak di sarankan sebab dapat membuat file code yang kepanjangan, sehingga akan sangat sulit untuk mencari dan mendeteksi kelasahan dalam program yang kita buat, untuk itu teman-teman dapat menggunakan metode external.

Cara Menggunakan Javascript Dengan Metode External


Jika pada metode internal kita menggunakan javascript langsung pada file index.html, beda halnya dengan menggunakan metode External, dimana file javascript ditulis diluar file index.html, jika menggunakan metode external file javacript nya harus disimpan dengan extensi .js namun untuk nama file nya bebas. Untuk lebih mudah dipahami mari kita buat contoh pengunaan file javacript external, silahkan teman-teman tulis code HTML berikut ini, dan simpan dengan mana file sesuai dengan keiginan teman-teman.
<html>
<head>
 <title>Point Website</title>
<script type="text/javascript" src="main.js"></script>
</head> 
<body>
        <input type="button" name="test" value="Klik Saya" onClick="klik()" />
</body>
</html>
File diatas jika dijalankan tidak akan menghasilkan apapun, sebab kita belum membuat file javacript nya, untuk menulias code file external ini teman-teman tidak perlu lagi menuliskan <script> dan </script>, teman-teman langsung menulikan sintak code javacriptnya untuk lebih mudah dippahami silahkan teman-teman tulis code javacript dibawah ini simpan dengan nama file main.js, dan letakan di tempat yang sama dengan file html yang sudah teman-teman buat diatas.
function klik(){
        alert("Javascript dengan metode External");
    }
Jika kedua file tersebut telah siap ditulis, silahkan teman-teman jalankan pada browser, Sekian tutorial dari Point Website tentang Cara menggunakan Javascript, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu teman-teman dalam pempelajari Javascript.

11 comments:

  1. Java script sama php lebih sulit mana tuh gan ?

    ReplyDelete
  2. Makasih gan infonya :D membantu banget buat ane :D

    ReplyDelete
  3. saya belum sedikit mengerti kode javascript, tetapi bila html saya sudah mahir sedikit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew bagus broo, udah bisa lanjut ke javascript broo..

      Delete
  4. Makasih infonya, membantu banget

    ReplyDelete
  5. wahh sip nih, jadi pengen belajar javascript dari dasarnya :D
    Makasih ya

    ReplyDelete
  6. Masih belajar nih...js sama php bedanya apa om

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda banget broo...
      js client side programming kalau php server side programming..

      Delete
  7. Replies
    1. silahkan gan, jika ada masalah back kemari aja :D

      Delete

(c) eLMarco94. Powered by Blogger.